Agar Nyaman Kerja di Rumah

Bekerja di rumah merupakan pilihan yang masuk akal jika mempertimbangkan kondisi kota besar saat ini. Kemacetan yang semakin parah, membuat orang berpikir ulang untuk bekerja jauh dari tempat tinggal. Lagipula, koneksi internet yang sudah tersedia luas memudahkan komunikasi bila bekerja di rumah merupakan pilihan yang harus diambil.

Bekerja di rumah akan optimal jika didukung oleh sarana yang memadai. Ruang kerja yang nyaman menjadi salah satu syarat agar konsentrasi bekerja tidak terpecah dengan urusan rumah. Namun bagaimana jika ruang yang tersedia sangat terbatas? Apakah area kerja yang nyaman tetap dapat diperoleh? Berikut hal-hal yang dapat dilakukan,

  1. Pilih salah satu sudut ruang atau bahkan satu bidang dinding yang akan menjadi area kerja Anda. Bebaskan area ini dari furnitur yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Selanjutnya, isi dengan furnitur yang efisien agar tidak boros ruang, misalnya meja kerja, kursi, laci, dan rak.
  2. Manfaatkan dinding dengan menempel papan untuk pengingat jadwal atau mencatat pesan-pesan penting. Jika ruang benar-benar menjadi masalah, dinding juga dapat dimanfaatkan untuk tempat meletakkan lemari gantung untuk menyimpan berkas-berkas.
  3. Untuk memperoleh privasi lebih di area kerja, batasi pandangan ke arah ruang lain dengan menambahkan partisi. Lebih baik jika partisi ini dapat dilipat saat tidak dibutuhkan agar ruang tidak penuh. Gorden juga dapat dipasang sebagai alternatif partisi.
  4. Pastikan pencahayaan di area kerja ini memadai untuk kegiatan menulis, membaca, dan berkomputer. Tambahkan lampu meja di samping pencahayaan umum pada langit-langit.
  5. Jangan lupa hias area ini dengan menarik agar Anda terus merasa semangat saat bekerja. Pasang lukisan, foto berbingkai, vas bunga, atau pot tanaman yang membuat semarak area ini.

Di samping menyiapkan ruang, luangkan waktu Anda untuk merawat area ini. Ruang kerja yang bersih dan bebas lembap, selain membuat kerja menjadi nyaman, juga membuat perangkat kerja lebih awet.

Selamat bekerja di rumah!

(Fransisca Wungu Prasasti)

Lokasi: Kediaman Fransisca Oris, Marbella Kemang

Sumber: http://www.tabloidrumah.com

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: