Sebelum Menggambar

Sebelum menggambar, ada baiknya jika unit diatur terlebih dahulu. Sungguhpun dalam AutoCAD unit tidak pernah disebutkan. Karena pada dasarnya penggambaran pada AutoCAD adalah hanya dimensi-dimensi angka. Sedangkan satuan hanya merupakan asumsi pengguna (apa yang menjadi logika pengguna). Misalnya jika juru gambar (drafter) sering membuat garis sepanjang 3, 4, 5 drawing unit dan lain-lain dan drafter befikir untuk membuat tembok yang panjangnya sekitar 3 m, maka angka 3, 4, 5 tersebut adalah 3 m dan seterusnya.
Untuk menentukan unit caranya adalah sebagai berikut :

1.    Klik menu Format > Unit


Gambar 2.1. Dialog box Format > Unit

2.    Akan muncul dialog box sebagai berikut :

 Gambar 2.2. Dialog Box Drawing Unit

3.    Terdapat Length type, Precission (ketelitian), Angle type dan lain-lain. Untuk memilih type-type yang diinginkan dapat klik tanda panah di kanan isian opsi.
4.    Setelah selesai memilih jenis-jenis unit, klik OK.
B.    LIMITS

Limits adalah batas dari bidang gambar yang Nampak pada layar monitor. Ada beberapa pendapat mengenai limit, ada yang mengatakan bahwa limit adalah batas kertas gambar, ada pula yang berpendapat bahwa limits adalah batas meja gambar bagi seorang arsitek, ada pula pendapat bahwa limit adalah batas dimana drafter (juru gambar) harus mengambar di dalam area limits tersebut, dan kita tidak dapat menggambar di luar area ini.
Limit sebenarnya hanyalah asumsi batas, bukan batas sebenarnya. Limits digunakan untuk memudahkan drafter untuk menemukan ukuran yang tepat bagi obyek yang digambarnya. Tampilan layar pada AutoCAD tidak dapat selalu sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Misalnya kita mau menggambar suatu obyek bangunan yang besaran-besaran dimensinya berkisar antara 1 sampai 100m,  mestinya limits yang digunakan adalah berkisar antara angka-angka yang tidak jauh dari angka 100. Namun akan menjadi tidak pas jika limits nya 100.000 atau 1000.000.000. hal ini sebenarnya tidak salah, hanya saja drafter (juru gambar) bisa jadi bingung mencari gambar obyeknya yang tiba-tiba hilang, karena ukuran yang kecil 1 : 1000.000.000, sehingga mungkin gambar tidak Nampak karena terlalu kecil. Atau sebaliknya, gambar yang terlalu besar dan limits yang terlalu kecil menjadikan obyek gmbar tidak terlihat di layar monitor.

Langkah-langkah menentukan lilmits adalah :
1.    Ketik : Limits
2.    Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
(Tentukan ON/OFF untuk mengaktifkan atau mematikan Limits lalu tekan enter)
3.    Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
(Tekan enter jika tidak terjadi perubahan angka, yaitu 0,0)
4.    Specify lower upper right corner <12.0000,9.0000>:
(Masukkan nilai kooerdinat batas kanan atas dari area layar lalu tekan enter)

Gambar 2.3. Limits

Sumber: Di sini


,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: