Sekilas CADD

Computer Aided Design and Drafting atau lebih dikenal dengan CADD, telah ada sejak tahun 1964, tetapi penggunaannya masih terbatas pada mainframe. Pada tahun 1982, mulai dikenal sistem CADD pada PC dengan salah satu software yang mempunyai nama AutoCAD. Kini kita telah mengenal software AutoCAD sampai release 2007 bahkan AutoCAD 2013 dengan kemampuan dan manfaat yagn besar dan mengagumkan sehingga tidak ada lagi bentuk gambar 2D atau 3D yang tidak bisa digambar oleh program AutoCAD ini.

Dalam AutoCAD tedapat juga bahasa pemrograman yang disebut AutoLISP yang memungkinkan kita untuk mengembangkan sendiri software AutoCAD dan dapat kita gunakan sebagai program yang spesifik, disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kita.

Operator CADD berkomunikasi dengan komputer melalui input device, seperti keyboard, mouse, digitizer. selain itu input lain bisa berasal dari scanner maupun file dengan extension 3DS, DXF, DXB.

Software CADD yang akan kita bahas adalah AutoCAD, dimana software tersebut mempunyai fleksibilitas yang tinggi. AutoCAD tidak dipakai untuk aplikasi khusus saja, seperti arsitektur, mekanikal, geodesi atau mesin, tetapi AutoCAD mempunyai kemampuan untuk menggambar apa saja. Jika kita ingin membuat AutoCAD menjadi software yang khusus, kita dapat menambahkan “3rd Party Software”, seperti:

Autodesk Architectural Desktop untuk aplikasi arsitektur.

  1. AutoYatch untuk desai Perahu dan kapal layar (yatch).
  2. Auto-Site-Lite untuk aplikasi kalkulasi pencahayaan.
  3. Autodesk Land Desktop untuk aplikasi sipil, pemetaan, dan planologi.
  4. AutoCAD-MAP untuk aplikasi GIS.
  5. SEW-CAD untuk aplikasi fashion dan tekstil.
  6. Autodesk Mechanical Desktop untuk aplikasi mekanikal.

Dengan adanya software-software tersebut, kita dapat lebih meningkatkan produktifitas kerja sesuai dengan bidang kerja kita.

Hal-hal yang perlu kita ketahui dalam menggunakan AutoCADD adalah standar, baik dimensi, labelisasi, maupun format yang dipakai. Dalam penggunaannya masalah standart ini diabaikan. Setelah kita menjalin hubungan dengan pengguna AutoCAD lain, baik di dalam ataupun luar negeri, baru kita akan merasakan pentingnya standar-standar tersebut.

Sumber: Modul Dari Pelatihan Semart Engineer

Baca juga: Sekilas AutoCADD

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: