Memulai Menggunakan AutoCAD

Setelah kita membahas sekilas AutoCAD dan sekilas CADD, sekarang kita akan memulai mengenal lebih dalam AutoCAD. Namun sebelum kita membahas lebih dalam tentang AutoCAD, terlebih dahulu kita akan mengenal alat-alat yang digunakan untuk mengoprasikannya. Yaitu hardware yang akan memudahkan kita dalam bermain di AutoCAD. alat-alat tersebut Adalah:

1. Keyboard

Berikut adalah tombol-tombol yang akan sering digunakan di dalam AutoCAD:
  • Return Key (Enter), berfungsi sebagai eksekusi perintah dan menyetujui sebuah nilai. tombol lain yang mempunyai fungsi sama  dengan return key adalah Space Bar. Return Key juga berfungsi untuk mengulang perintah terakhir pada AutoCAD.
  • Backspace Key, berfungsi untuk membatalkan perintah pengetikan.
  • Control Key, hanya mempunyai fungsi jika digabungkan dengan pengetikan huruf, contohnya: Ctrl+S=Save
  • Function Key atau dikenal dengan F1, F2, dan sebagainya. Function Key yang dipakai dalam AutpCAD adalah sebagai berikut:F1= Help, F2= Mode Text/ Mode Grafik, F3= Osnap On/Off, F4= Tablet On/Off, F5= Isoplane Select (Left/ Top/ Right), F6= Koordinat On/Off, F7= Grid On/Off, F8= Orto=On/ Off, F9= Snap On/Off, F10= Polar On/ Off dan F11= Object Snap Tracking On/ Off.
  • Esc (Escape), untuk membatalkan perintah (cancel)
  • Alt+Tab, berfungsi untuk memindahkan bidang kerja dan windows satu ke yang lain pada “Multiple Windows”.

2. Mouse

Mouse merupakan alat yang sangat penting, terutama dalam memasukan koordinat. Mouse ada dua jenis, yaitu 2 tombol dan 3 tombol. selain dua itu, AutoCAD 2007 juga mendukung dan mensyaratkan pemakaian Scroll Mouse untuk peningkatan efektivitas kerja.
Mouse dengan 2 tombol berfungsi:
  • Tombol kiri untuk memasukan koordinat.
  • Tombol kanan untuk penggati enter dan untuk mengulang perintah sebelumnya. di samping itu, tombol kanan/ klik kanan juga berfungsi untuk memunculkan fungsi-fungsi lain.
3. Scrol Mouse

Pada scroll Mouse, 2 tombol (kiri dan Kanan) mempunyai fungsi sama seperti fungsi pada mouse biasa dengan 2 tombol, kemudian slinder berfungsi sebagai “Zoom Realtime”. Jika ditekan fungsi slinder akan menjadi “Pan Realtime” dan jika diklik ganda akan mempunyai fungsi “Zoom Extend”.

Itulah beberapa hardware yang dibutuhkan untk mempermudah kita dalam bekerja menggunakan AutoCAD, jika masih ada yang kurang silakan berikan kami masukan. terima kasih dan semoga bermanfaat…

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: